Menghadapi Hari Raya Lebaran Tanpa Suster

Lebaran_Tanpa_Suster_picTidak mudah memang mengurus anak sendiri tanpa bantuan suster, terutama bagi wanita karier.  Apalagi menjelang Lebaran dimana pembantupun mudik dan banyak toko atau penyedia jasa yang libur hingga lewat Lebaran.  Mencari suster inval adalah salah satu jalan keluar, tapi kita juga tidak boleh sembarang mengambil suster inval.  Berikut adalah langkah-langkah yang kami sarankan jika anda mau mengambil suster inval:

  1. Ambil suster inval dari yayasan yang anda sudah kenal sebelumnya
  2. Pastikan anda mendapat keterangan berikut dengan jelas dari yayasan tersebut:
    1. Nama dan umur
    2. Pengalaman kerja
    3. Tanggal mulai kerja hingga berakhir (apakah cukup fleksibel untuk perpanjang?)
    4. Biaya admin inval (biasanya berbeda dengan harga admin biasa)
    5. Upah per hari suster (biasanya sudah termasuk uang makan)
    6. Biaya transport (bila yayasan yang antar dan jemput)
    7. Prosedur penggantian (bila suster sakit atau pulang lebih awal)
    8. Minta suster inval masuk 1-2 hari sebelum suster tetap anda pulang.  Pastikan sebelum suster tetap anda pulang, dia sudah member penjelasan mengenai jadwal dan kebiasaan si kecil.
    9. Seringkali, setelah mudik suster tetap kita tidak kembali.  Untuk itu, jaga baik hubungan dengan suster inval sehingga dia bisa diminta untuk lebih fleksibel, dalam arti mau tinggal lebih lama ditempat kita.
    10. Bila kemudian suster inval kita minta untuk jadi suster tetap, pastikan kita klarifikasi dengan yayasan mengenai uang admin yang telah kita bayarkan (apakah termasuk atau tidak, bila tidak termasuk berapa biaya ekstra), dan berapa gaji bulanan suster tersebut.

Bila anda memilih untuk menunggu suster tetap atau pembantu anda kembali dari kampung, maka anda bisa membaca tips-tips berikut untuk mempermudah menjalankan kegiatan sehari-hari:

  1. 10 – 14 hari sebelum Lebaran, servis AC, mesin cuci, mobil dan semua peralatan yang perlu.
  2. Sebelum pembantu dan/atau suster pulang, pastikan mereka sudah menyelesaikan semua pekerjaan rumah, misal: membersihkan seluruh ruangan dalam rumah, menyelesaikan cucian,  membersihkan halaman, dan belanja, dll.
  3. Mulai menyicil persiapan memasak, misal: mengupas/mengiris bawang atau wortel dan simpan di kulkas, bumbui ayam atau daging dan simpan di freezer, siapkan adonan pizza di freezer, dll. Hal ini akan memudahkan saat kita harus menyiapkan santapan bagi keluarga tercinta.
  4. Persiapkan suami dengan tanggung jawab kegiatan rumah yang dia merasa nyaman melakukan.
  5. Buat janji dengan teman untuk bawa anak mereka ke tempat bermain. Sambil mengawasi anak bermain, kita tetap memiliki waktu bersosialisasi.

Jika anda punya budget berlebih, maka anda dapat:

  1. Tinggal di hotel atau service apartment
  2. Kirim baju kotor ke laundry service
  3. Beli makanan melalui servis Antar/Delivery

Tentu saja dalam hitungan jari, hari raya lebaran akan berlalu, tapi rasa capek akan membuat hari-hari kita terasa panjang. Terutama saat si kecil rewel dan rindu susternya. Justru di hari raya nan fitri inilah kita harusnya merayakan kemenangan atas segala nafsu kita. Biarlah kesabaran dan ketabahan kita mendapat ridho dari Tuhan SWT.

 

 
Banner
Banner