Pijat Bayi, Sentuhan yang Kaya Manfaat

Baby_MassagingTahukah Anda, ternyata bukan orang dewasa saja yang senang dipijat. Bayi juga sangat senang bila mendapat perawatan ini. Tidak hanya baik untuk kesehatan, pijat bayi apalagi bila Anda sendiri yang melakukannya, dipercaya akan meningkatkan keeratan Anda dengan si kecil.

Kapan waktu yang tepat untuk pijat bayi? Sejak usia nol bulan pemijatan sudah dapat Anda lakukan tapi harus dilakukan dengan lembut. Anda tidak perlu melakukan penekanan berlebih pada bayi saat memijat, cukup dengan sentuhan maka si kecil sudah merasa nyaman dan senang. Lakukan pemijatan hingga bayi berusia dua tahun.

Menurut Lely Tobing, pakar Brain Gym Indonesia, pijat bayi sebenarnya lebih dikenal dengan terapi sentuhan. Fokus utama dalam ritual pijat bukan pada pijatannya tapi pada interaksi yang Anda lakukan dengan si kecil saat dipijat. Karena itu, ia lebih senang memakai istilah terapi sentuhan. Dengan sentuhan dari tangan Anda, ibunya sendiri, maka kedekatan emosi sudah terbentuk sejak dini. Bahkan menurut Dr. Tiffany Fiel, pendiri The Touch Research Institute, Florida, Amerika Serikat, pijatan yang diberikan pada si kecil setiap hari selama 20 menit selama sebulan ternyata tak hanya dapat membuatnya lebih relaks, tapi juga dapat membantu menstimulasi saraf otaknya.

Manfaat Pijat Bayi

Dalam perawatannya, pijat bayi sebaiknya dilakukan pagi dan sore hari, selama 15 hingga 20 menit. Apalagi jika Anda melakukan dalam enam hingga tujuh bulan pertama bayi lahir akan sangat bermanfaat.

Setiap sentuhan yang Anda lakukan pada si kecil akan:

  1. Memacu sistem sirkulasi darah bayi, denyut jantung, pernafasan, pencernaan, dan sistem kekebalan tubuhnya.
  2. Membantu pembentukan otot rahang dan melatih bayi untuk belajar mengunyah.
  3. Membuat bayi lebih tenang.
  4. Meningkatkan kemampuan bayi saat menyusui dan menyerap ASI. Ini juga bermanfaat untuk Anda dalam memicu produksi ASI.
  5. Mendorong pertumbuhan susunan otot dan kelenturan yang berperan penting dalam kemampuan fisik bayi.
  6. Membuat bayi tidur nyenyak dan bangun dengan lebih segar.
  7. Meningkatkan ikatan batin antara bayi dan ibu.

Dos and Don’ts

Sebelum melakukan pijat bayi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ritual ini menjadi kegiatan yang menyenangkan.

  1. Siapkan terlebih dahulu perlengkapan untuk memijat seperti baby oil, handuk kecil untuk membersihkan tubuh si kecil usai pijat. Jika kulit bayi sensitif dan mudah alergi atau riskan mengalami ruam kulit maka pemilihan minyak dapat dialihkan pada Calendula Oil, minyak esensial Roman Chamomile, Lavender Oil, atau Jojoba Oil
  2. Cuci tangan Anda sebelum melakukan pijat bayi.
  3. Baringkan bayi di atas permukaan rata dan lembut.
  4. Ciptakan ruangan hangat dan tidak pengap.
  5. Selama pemijatan, lakukan kontak mata dengan bayi. Ajak bayi bicara atau bernyanyi agar tercipta interaksi dan kedekatan dengan Anda.
  6. Mulai dengan sentuhan lembut dan secara bertahap di setiap bagian tubuh bayi. Bila usia bayi lebih dari tiga bulan, Anda dapat memberikan tekanan ringan saat pemijatan.
  7. Bila bayi sedikit menangis, sebaiknya Anda tenangkan dulu. Anda bisa mengangkat bayi dan memeluknya. Namun, bila tangisan bayi semakin keras, hentikan pemijatan.
  8. Memutar lagu klasik atau instrumen saat pijat juga akan merangsang kecerdasan si kecil. Jangan lupa untuk selalu tersenyum saat Anda memijat si kecil.
  9. Pastikan bahwa kuku atau perhiasan yang Anda kenakan tidak menggores kulit bayi.
  10. Bayi tidak dalam keadaan lapar atau mengantuk.
  11. Jangan memijat bayi langsung sehabis menyusui atau makan.
  12. Jangan membangunkan bayi tidur untuk dipijat.
  13. Jangan melakukan pijat bayi, bila Anda sedang bad mood. Lebih baik tenangkan diri Anda dulu karena si kecil dapat merasa tidak nyaman.

Langkah-Langkah Mudah Memijat Bayi

Wajah

Cara:

Gunakan kedua ibu jari saat Anda memijat daerah atas alis. Lakukan mulai dari tengah kening bayi lalu turun ke pelipis dan  pipi. Dengan tekanan lembut, tarik garis dengan ibu jari dari hidung bayi ke arah pipi. Pijat sekitar mulut dengan ibu jari, tarik hingga bayi tersenyum.

Manfaat:

Membuat otot wajah menjadi relaks serta memaksimalkan pertumbuhan tulang rahang dan otot di daerah pipi. Beberapa ahli juga meyakini teknik pijatan di area wajah mampu menstimulus pertumbuhan gigi dan kekuatan gusi.

Dada

Cara:

Letakkan kedua tangan Anda ditengah dada bayi kemudian gerakkan ke atas lalu ke sisi dan kembali ketengah, seperti membentuk hati.

Manfaat:

Memperkuat kinerja paru-paru dan jantung serta melatih otot-otot dada untuk tumbuh maksimal.

Perut

Cara:

Lakukan gerakan memijat di atas perut seperti mengayuh sepeda, dari atas ke arah bawah perut. Anda juga bisa melakukannya dengan cara memutarkan telapak tangan di atas perut searah jarum jam, dimulai dari sebelah kanan Anda. Kemudian angkat kedua kaki bayi Anda dan tekan lututnya perlahan-lahan ke arah perut. Peringatan, jangan  memijat di atas tulang rusuk atau di atas ulu hati bayi.

Manfaat:

Meningkatkan kerja sistem pencernaan dan mengurangi sembelit serta kolik (sakit perut tanpa diketahui penyebabnya).

Kaki dan Tangan

Cara:

Peganglah lengan bayi dengan kedua telapak tangan seperti memegang pemukul softball. Dengan gerakkan memerah, pijat tangan bayi dari bahu menuju pergelangannya. Lakukanlah gerakkan sebaliknya, memerah tangan dari arah pergelangan ke pangkal lengan bayi. Kemudian tarik lembut satu per satu jari-jari tangan si kecil dengan gerakan memutar. Dengan kedua ibu jari secara bergantian, pijat seluruh permukaan tangan dan punggung tangan. Gunakan kedua telapak tangan untuk membuat gerakan seperti menggulung. Ikuti gerakan yang sama untuk memijat kaki si kecil.

Manfaat:

Menguatkan otot dan tulang serta menghilangkan ketegangan.

Punggung

Cara:

Tengkurapkan bayi di atas bantalan lembut atau paha Anda. Pijat dengan gerakan maju mundur, menggunakan kedua telapak tangan di sepanjang punggungnya. Gunakan salah satu telapak tangan Anda untuk memijat dari leher sampai pantat bayi. Dengan jari-jari Anda buatlah gerakkan melingkar terutama pada otot di sebelah tulang punggung. Lakukan pijatan memanjang dengan telapak tangan dari leher ke kakinya sebagai akhir dari sesi pemijatan si kecil.

Manfaat:

Menstimulus pertumbuhan otot yang menyangga tulang belakang dan melepas kepenatan akibat tidur dengan posisi terlentang.

 
Banner
Banner